Daftar Pengumuman Kelulusan CPNS PG SKD SKB Kemenkumham

Dalam penerimaan CPNS Kemenkumham melalui beberapa tahapan diantaranya adalah tes SKD yaitu Seleksi Kompetensi Dasar dan SKB yaitu Seleksi Kompetensi Bidang yang meliputi hal teknis spesifik pada bidang pekerjaan yang akan dilamar.

Informasi SKD CPNS Kemenhukam 2019

Anda dapat melakukan unduh hasil tes SKD CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia 2019 Formasi Keimigrasian terbaru dan Pengumuman hasil ujian SKD CPNS Kemenkumham, Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sistem CAT di halaman cpns.kemenkumham.go.id

Pengecekan Kelulusan SKD dan SKB

Cara mengecek Hasil Seleksi Tes SKD CPNS Kemenkumham2019 lulusan D3 S1, untuk melihat daftar nama peserta yang lolos lulus Tes SKD SSCN BKN CPNS Kemenkumham 2019 secara global ada di link sscn.bkn.go.id dan cpns.kemenkumham.go.id

Download Pengumuman Hasil tes CAT SKD CPNS Kemenkumham Formasi Keimigrasian 2019 SMA SMK D3 S1 Sederajat D3 Daftar peserta lolos Ujian CAT.

Pengecekan kelululusan dapat dilakukan dengan cara melakukan Download Daftar Nama Peserta Lulus PG SKD SKB CPNSKemenkumham 2019 Formasi Keimigrasian.

Sebelum melangkah lebih lanjut untuk mengikuti ujian, ada baiknya Anda mencari kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Dilengkapi Penjelasannya.

Panitia CPNSKEMENKUMHAM2019 menjadwalkan pengumuman hasil Seleksi Tes SKD CAT pada bulan pada bulan Februari -Maret 2020 di website resmi cpns.kemenkumham.go.id.

Peserta Pelamar yang lulus seleksi SKD CPNSKemenkumhamakan melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu tahap SKB Seleksi Kompetisi Bidang.

Syarat untuk bisa ikut SKB adalah sebagai berikut

  • jumlah peserta SKB maksimal 3 kali jumlah kebutuhan formasi.
  • jika nilai SKD peserta Sama, maka diurutkan berdasarkan Nilai TKP, TIU kemudian nilai TWK.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Daftar Nama Peserta Lulus PG SKD SKB CPNSKemenkumham2019 Formasi Keimigrasian akan diumumkan pada Maret 2020 setelah proses seleksi selesai.

Pelamar dan peserta ujian SKD diharapkan sering mengakses website resmi SSCN BKN dan web Kemenkumham,untuk mengetahui dan mengecek apabila ada perubahan mengenai tempat ujian seleksi kompetensi dasar yang pastinya akan diumumkan di http://cpns.kemenkumham.go.id .

Berikutnya untuk informasi tentang Pengumuman Pengumuman Hasil Seleksi Tes SKD, nama-nama yang lulus Seleksi Tes SKD CPNSKEMENKUMHAM2019 bisa anda liat dan cek di https://sscn.bkn.go.id.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, telah melantik 16 orang pejabat administrasi dan 588 orang CPNSpada unit utama Kemenkumham Tahun 2019 di Graha Pengayoman Kemenkumham.

Pelaksanaan tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih berlangsung hingga pekan pertama Maret 2020. 

Sebelumnya, BKN terlebih dahulu memberikan pengumuman hasil SKD CPNS 2020

Dikutip dari Kompas.com, pengumuman hasil SKD akan dilakukan pada pertengahan Maret 2020. 

“Kami berharap seluruh SKD ini bisa bersaing di awal Maret. Di pusat akhir Februari. Kami berharap nanti akhir Juni peserta yang telah ditetapkan lulus seleksi CPNS sudah dapat pertimbangan teknis,” kata Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, dikutip dari Kompas.com . 

  1. Update CPNS2019: Peserta yang Tak Hadir SKD Bisa Kena Sanksi, Simak Juga Tips Lolos Tahap SKB. 
  2. CPNS2019: Simulasi Cara Penentuan Peserta SKD Bisa Ikut Tes SKB, Lengkap dengan Jadwal. 
  3. Update CPNS2019: Sejumlah 329 Instansi Telah Melaksanakan Tes SKD dan 62 Instansi Lainnya Belum. 
  4. Update CPNS2019: Hasil Kelulusan SKD per 20 Februari 2020, Simak Nilai Ambang Batas & Alurnya. 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)mulai melaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 pada Rabu (29/1/2020). 

Peserta bersiap mengikuti Ujian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)menggunakan komputer atau sistem computer assisted test (CAT) di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Cililitan, Jakarta Timur, Senin (27/1/2020). Sesuai Permenpan RB Nomor 24 Tahun 2019, tiga tes diujikan dalam pelaksanaan SKD CPNS tahun ini. Ketiganya yaitu:

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP),
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan
  • Tes Intelegensia Umum (TIU).

Sebanyak 100 soal akan diujikan, terdiri dari 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK. Warta Kota/Alex Suban. 

Untuk wilayah yang tesnya dimulai hari ini adalah Bengkulu dan Sumatera Utara. Kemudian, peserta dapat mengetahui jadwal dan lokasi melalui laman cpns.kemenkumham.go.id . 

Hal itu sesuai Pengumuman Nomor SEK-KP.02.01-98 Tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)Tahun 2019 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2020

Pengumuman jadwal dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Badan Kepegawaian Negara ( BKN ) mencatat terdapat 406.236 orang mengikuti seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil ( SKD CPNS) merebutkan 4.598 formasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kemenkumham). 

BKN Sebut Soal Tes SKD CPNS Tahun Ini Lebih Sulit

“Hari ini (Senin) ada 20 instansi pusat dan 25 instansi daerah yang memulai seleksi,” kata Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengutip data BKN di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (27/1). 

“Yang tertinggi itu di Kementerian Hukum dan HAM. Peserta seleksinya 406.236,” tambah dia. 

Selain Kemenkumham,formasi lain dengan peserta seleksi terbanyak yakni Kementerian Agama dengan jumlah peserta 176.331 yang memperebutkan 5.815 formasi. Selanjutnya adalah Mahkamah Agung (MA) dengan 56.408 peserta yang memperebutkan 2.104 formasi. 

SKD CPNS di Daerah

Sementara untuk instansi daerah, peserta paling banyak terdapat pada formasi di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dengan 54.677 peserta yang memperebutkan 1.817 formasi. Selanjutnya Pemprov Jawa Tengah dengan 49.304 peserta yang memperebutkan 1.409 formasi. 

Kemudian, Pemprov DKI Jakarta dengan 41.304 peserta memperebutkan 3.958 formasi. Lalu Pemprov Jawa Barat dengan 38.054 peserta berebut 1.934 formasi. Terakhir, Pemprov Sumatera Barat dengan 25.129 peserta yang memperebutkan 603 formasi. 

Pelaksanaan tes SKD CPNS 2019 dilaksanakan pada 27 Januari-28 Februari 2020. Selanjutnya, instansi dapat melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) mulai 25 Maret 2020 hingga 10 April 2020. 

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyebut tingkat kesulitan soal SKD CPNS tahun ini lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya. 

Bima mengklaim pemerintah sudah mengevaluasi soal tes SKD CPNSagar dinaikkan kualitasnya dari soal SKD tahun-tahun yang lalu. 

“Lebih tinggi sekarang tingkat kesulitannya. Nah, sebetulnya tingkat kesulitan relatif… Ada perbedaan soal sekarang lebih berkualitas dibanding soal tahun lalu,” kata Bima di Kantor BKN, Jakarta, Senin (27/1). 

Lebih lanjut, Bima menyatakan pihaknya sebenarnya memiliki beberapa model soal SKD, yakni soal yang memiliki kesulitan tinggi, sedang, hingga rendah. Meski demikian, ia menjamin ketiga komposisi soal itu akan terdistribusi merata.

Syarat dan Tata Tertib Tes SKD CPNS Kemenkumham 2020

Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bakal digelar mulai 29 Januari hingga 10 Februari 2020 di seluruh wilayah Indonesia. 

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan menjadi peserta SKD diimbau untuk mambawa kartu ujian serta mematuhi peraturan ujian SKD. 

Dalam pengumuman soal jadwal dan lokasi seleksi SKD, Kemenkumham juga melampirkan tata tertib peserta SKD CPNS 2020. 

Ketentuan tata tertib yang harus dipatuhi oleh peserta SKD CPNS Kemenkumham adalah sebagaimana perincian di bawah ini. 

  1. Peserta wajib membawa Kartu Peserta Ujian (asli) atau Surat Perekaman Kependudukan (asli);. 
  2. Saat mengikuti ujian, peserta SKD CPNS Kemenkumham memakai pakaian, dengan ketentuan:. 
    • Baju kemeja lengan panjang berwarna putih polos tanpa corak. 
    • Celana panjang/rok berwarna hitam polos tanpa corak (bukan jeans). 
    • Sepatu berwarna hitam. 
  3. Peserta wajib hadir 90 menit sebelum pelaksanaan ujian SKD dimulai;. 
  4. Biaya akomodasi dan transportasi saat ikut ujian SKD menjadi tanggungan masing-masing peserta;. 
  5. Dalam seluruh tahapan pelaksanaan ujian SKD CPNSKemenkumham2019, tidak dipungut biaya;. 
  6. Peserta yang tidak hadir sesuai tanggal, waktu dan lokasi SKD yang ditentukan, dinyatakan gugur;. 
  7. Panitia berhak membatalkan keikutsertaan peserta yang tidak bisa menunjukkan persyaratan yang wajib dibawa, dan tidak memakai pakaian sesuai dengan ketentuan;. 
  8. Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri;. 
  9. Jika ada pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, hal tersebut adalah tindakan penipuan;. 
  10. Kelalaian dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi tanggung jawab peserta sendiri;. 
  11. Peserta dan para pengantarnya tidak boleh memarkir kendaraan roda 4 dan 2 di lingkungan lokasi SKD;. 
  12. Keputusan panitia bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 

Terkait dengan kartu ujian CPNS2020 untuk mengikuti SKD bisa dicetak melalui portal SSCASN BKN. Cara mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian bisa dilakukan dengan login ke http://sscasn.bkn.go.id menggunakan akun yang telah didaftar. 

Jika pelamar dinyatakan lulus, maka pada sisi pelamar akan terdapat tombol yaitu Cetak Kartu Peserta Ujian. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu pendaftaran dengan memilih tombol Cetak Kartu Peserta Ujian. 

  1. Cetak dengan menggunakan tinta warna;. 
  2. Potong pada garis putus-putus pada bagian bawah kartu;. 
  3. Pada lembar Panitia Ujian CPNSpeserta sudah menuliskan nama dan tanda tangan pada kolom yang disediakan dan diserahkan kepada panitia pada saat akan ujian;. 
  4. Peserta mendapatkan PIN saat akan mengikuti Ujian dan mendapatkan Tanda Tangan Penitia di lokasi ujian saat pendaftaran;. 
  5. Kartu peserta ujian SKD CPNS dilarang dilaminating. 

Jadwal dan Lokasi Tes SKD CPNS

Dalam penerimaan CPNS tahun ini, Kemenkumham membuka 4.598 formasi untuk lulusan SMA hingga S1. Sementara jumlah pelamarnya mencapai 708.488 orang.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kemenkumham) sudah mengumumkan jadwal dan lokasi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. 

Selain itu, dibenarkan pula oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono. 

“Benar, Kemenkumhamtelah umumkan lokasi tes dan jadwal SKD CPNS 2019 ,” kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/1/2020). 

Lokasi serta jadwal tes SKD Kemenkumham juga dapat dilihat di laman resmi mereka di https://cpns.kemenkumham.go.id/

Selain itu, di laman resmi penerimaan CPNS 2019 di Kemenkumham tersebut juga terlampir peserta kategori P1/TL yang memilih tidak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Peserta wajib membawa Kartu Peserta Ujian asli dan e-KTP asli atau Surat Keterangan Perekaman Kependudukan asli. 

Tak hanya itu, peserta saat tes diwajibkan mengenakan baju kemeja lengan panjang berwarna putih polos tanpa corak. 

Lalu, celana panjang atau rok berwarna hitam polos tanpa corak (bukan jeans), apabila ada yang menggunakan jilbab, harus yang berwarna hitam polos, dan sepatu tertutup berwarna hitam. 

Adapun peserta wajib hadir 90 menit sebelum pelaksanaan SKD dimulai. 

Bagi peserta yang tidak hadir sesuai dengan hari, tanggal, waktu dan lokasi ujian yang elah ditentukan dengan alasan apapun, dinyatakan gugur. 

Lebih lanjut, peserta yang tidak dapat menunjukkan persyaratan yang wajib dibawa serta tidak memakai pakaian sesuai dengan ketentuan, maka panitia berhak membatalkan keikutsertaan peserta. 

Dalam laman tersebut juga dijelaskan bahwa peserta dan pengantar tidak diperkenankan untuk memarkir kendaraan roda empat dan roda dua di dalam lingkungan tempat pelaksanaan SKD. 

Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri, apabila ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan di luar tanggung jawab panitia.

Skor SKD Tertinggi

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)usai menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)2019 di titik lokasi Pekanbaru. Dari total 18.392 peserta yang terjadwal mengikuti SKD, 15.142 peserta berhasil mengikuti SKD. 

Koordinator Tim Seleksi Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) titik lokasi Pekanbaru, Warno mengatakan skor tertinggi hingga hari terakhir adalah 419 atas nama Kharisma Lana Barus. 

Lebih lanjut, Warno menjelaskan untuk pelaksanaan SKD Kemenkumhamtitik lokasi Pekanbaru, peserta berasal dari beberapa kategori formasi, yakni kategori umum, disabilitas, dan cum laude. 

“Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2019, Penerimaan CPNS TA 2019 terbagi dari beberapa kategori formasi, yakni formasi umum, disabilitas, cum laude, dan putra/i Papua. Untuk di titik lokasi Pekanbaru sendiri, peserta berasal dari kategori formasi umum, disabilitas, dan cum laude,” ujarnya, dalam keterangan BKN, Jumat (7/2/2020). 

Terakhir, Warno memberikan apresiasi kepada Kemenkumhamwilayah Riau yang bertugas di titik lokasi tes, karena telah berhasil melakukan mobilisasi peserta dengan baik. “. 

Sesuai Peraturan BKN Nomor 50 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Seleksi Menggunakan Metode CAT, BKN hanya memiliki kewenangan di dalam ruang ujian, sedangkan mobilisasi peserta di luar ruang ujian menjadi kewenangan instansi. Pada pelaksanaan kali ini, Instansi berhasil memobilisasi peserta sehingga waktu pelaksanaan SKD sesuai jadwal. BKN apresiasi itu,” tutup Warno. 

Di saat yang sama, Sekretaris Panitia Seleksi CPNS Kemenkumham TA 2019 Wilayah Riau, Nurhayati Sitorus mengatakan pihaknya optimis dapat menjaring peserta terbaik untuk dapat diterima menjadi CPNS di lingkungan Kemenkumham. 

“Kami optimis, dengan segala upaya dan usaha yang dilakukan seluruh panitia, termasuk kerja bahu-membahu di antara lintas Kementerian dan Lembaga, peserta terbaik yang dapat terpilih dan diterima sebagai CPNS,” ujarnya. 

Nurhayati menambahkan, bagi peserta yang belum berhasil lolos ke tahap berikutnya, untuk tidak patah semangat. “Bagi yang belum lolos, serahkan semuanya kepada Tuhan Yang Kuasa. Jangan putus asa, terus belajar dan latih kemampuan diri. Kami tunggu di kesempatan berikutnya,” pungkasnya.

Sampai hari keempat pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau pada Selasa, 4 Februari melalui Computer Asested Test ( CAT) Kemenkumham Sulbar, sebanyak 2.874 orang peserta telah mengikuti tes. Yakni hari pertama (Sabtu 1/2) 939 orang, hari kedua (minggu 2/2) 990 orag , hari ketiga 963 orang dan hari ke empat hadir 987 orang. 

Koordinator tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sri Lastami menyampaikan total peserta yang melamar berjumlah 8.156 orang. Jumlah yang memenuhi persyaratan administrasi 5.118 orang. Adapun jumlah yang tidak mengikuti tes sampai hari ketiga sebanyak 333 orang dan dinyatakan gugur. “Ambang batas atau passing grade kelulusan yakni untuk nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) minimal nilai 65, Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan nilai minimum 80 dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP) minimal 126,” kata Lastami, pagi tadi. 

Total soal ada 100, apabila benar semua maka akan mendapat total skor 500 dari waktu yang diberikan 90 menit. Adapun nilai tertinggi yang diperoleh peserta sampai hari ini di Provinsi Sulbar memperoleh nilai TWK 100, TIU 150 ,dan TKP dengan nilai 142, dan total nilai 392. Beberapa peserta ada yang memiliki total nilai tinggi yakni di atas 350, namun tidak memenuhi salah satu passing grade, dianggap tidak lulus. 

Untuk Kanwil Kemenkumhan Sulbar, jumlah formasi CPNS SLTA yang akan diterima sebanyak 66 orang dimana laki-laki sebanyak 59 orang dan perempuan 7 orang. Pada tahap tes CAT ini nantinya menyaring peserta yang akan mengikuti tes tahap lanjut Kesamaptaan bagi laki-laki sebanyak 177 (merupakan 59 orang dikali degan 3). Sedangkan peserta untuk perempuan juga 3 kali kelipataan 7 orang yakni sebanyak 21 orang. Jadi total keseluruhannya untuk laki-laki dan perempuan 198.

Informasi mengenai Pengumuman kelulusan CPNS Kemenkumham 2019-2020 akan terus kamu update di website. ini.

 

 

 

No Comments

Leave a Reply