Kabar CPNS 2019 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam

regcleaner

Administrator
Staff member
Untuk informasi resmi pendaftaran ASN Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019 , Anda sebaiknya rajin mengunjungi kanal media sosial BKN, situs resmi BKN, atau kanal media sosial dan situs yang dikelola oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Karena jadwal pendaftaran CPNS 2019 dan PPPK sudah diumumkan, maka kamu sebaiknya mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Berikut ini dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran PNS Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019 dan PPPK:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, termasuk SKCK
Syarat pendaftaran PNS 2019 dan PPPK di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam ini sebaiknya dipersiapkan dari jauh hari. Supaya ketika melakukan pendaftaran PNS tidak ada yang tertinggal.

Jangan sampai, saat pendaftaran ASN Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019 sudah dibuka, kamu masih sibuk mencari dan menyalin dokumen-dokumen tersebut di rumah atau sekolah.

Untuk persyaratan dokumen ini sebaiknya mencari tahu informasinya di Bagian Kepegawaian Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam yang akan dilamar. Karena tiap mungkin saja Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam menerapkan persyaratan dokumen yang berbeda dengan lembaga lainnya.

Syarat Pendaftaran ASN 2019 dan PPPK di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam


Selain dokumen, pelamar juga harus memahami beberapa syarat hingga alur pendaftaran PNS 2019 dan PPPK lainnya di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Pemerintah menetapkan 9 (sembilan) syarat dasar pendaftaran CPNS 2019. Sembilan syarat ini menentukan siapa saja yang berhak untuk melamar sebagai ASN 2019.

Batas umur sebagaimana dimaksud yaitu usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun dapat dikecualikan bagi jabatan tertentu yang ditetapkan Presiden, yaitu paling tinggi 40 tahun.

Usia tersebut di atas adalah untuk rekruitmen ASN 2019. Namun khusus untuk pendaftaran PPPK 2019, usia paling rendah 35,1 bulan dan paling tinggi 58 tahun.

Cara Pendaftaran PNS 2019 dan PPPK di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam


Mengacu pada pendaftaran CPNS tahun sebelumnya yang bersumber dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi ASN Nasional 2018, maka Anda bisa mempelajari mekanismenya untuk pendaftaran ASN 2019.

Melalui Twitter resminya, BKN mengatakan tidak pernah bekerja sama dengan pihak manapun yang menyelenggarakan try-out seleksi pendaftaran PNS dengan Computer Assisted Test atau CAT.

Selain itu, BKN menyatakan bahwa mekanisme pendaftaran ASN 2019 dan PPPK yang resmi dan gratis hanya ada di situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Negara (SSCASN) 2019 di alamat sscasn.bkn.go.id.

Perlu diketahui, bahwa saat artikel ini diterbitkan, situs SSCASN masih belum membuka pendaftaran CPNS 2019 dan PPPK. Pengunjung hanya bisa melihat-lihat situs tersebut, tapi tidak bisa melakukan pendaftaran PNS yang baru dibuka tanggal 25 Oktober 2019. Edit: Sudah bisa, silakan dicoba.

Berikut ini mekanisme atau cara pendaftaran PNS 2019 dan PPPK:

1. Mengunjungi situs SSCASN BKN di sscasn.bkn.go.id

Di sini, pelamar bisa memilih SSCN dengan alamat sscn.bkn.go.id untuk pendaftaran ASN 2019, atau ke SSP3k dengan alamat ssp3k.bkn.go.id untuk pendaftaran PPPK 2019.

2. Membuat Akun

Pilih menu SSCN atau SSP3k di portal SSCASN, kemudian klik Registrasi.

Mengisi NIK (KTP) dan Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga untuk pendaftaran CPNS 2019. Untuk PPPK, mengisi Nomor Peserta Ujian K-2, Tanggal Lahir, NIK (KTP), Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga.

Mengisi alamat email aktif, password dan pertanyaan keamanan.

Mengunggah pas-foto ukuran file minimal 120kb dan maksimal 300kb, dengan format .JPG atau .JPEG.

Setelah selesai, mencetak Kartu Informasi Akun.

3. Login ke SSCN atau SSP3k

Login lagi di portal SSCN untuk ASN 2019 dan SSP3k untuk pendaftaran PPPK 2019. Login dengan menggunakan password dan NIK yang telah didaftarkan sebelumnya.

4. Melengkapi Data

Setelah login, melengkapi data sebagai berikut:

Mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti telah membuat akun.

Untuk CPNS melengkapi biodata, memilih instansi, formasi, dan jabatan yang sesuai pendidikan.

Untuk PPPK melengkapi biodata, memilih jabatan dan pendidikan.

Mengunggah scan dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam

Memastikan isian, pilihan instansi, formasi dan jabatan terisi dengan benar pada form Resume.

Setelah dicek pada form Resume dan data dirasa benar, kirim dengan klik Simpan data. Data yang sudah dikirim tidak dapat diubah dengan alasan apapun.

Mencetak Kartu Pendaftaran

5. Verifikasi

Tim pemeriksa melakukan verifikasi berkas yang diunggah atau dikirimkan (jika persyaratan di instansi meminta pelamar harus mengirimkan berkas fisik ke alamat yang tercantum)

6. Seleksi

Pelamar PNS 2019 dan PPPK yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan Kartu Ujian Seleksi CPNS 2019. Kartu ini digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam yang dilamar.

Persiapan bagi calon Peserta tes PNS Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019/2020


Fakta unik ASN Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019 yang akan diadakan pada awal tahun 2020, juga akan bukaan di akhir tahun 2020, artinya ada 2 (dua) penerimaan PNS di tahun 2020.

Pada saat pengumuman CPNS yang tertulis di penanda pertama di atas maka pada saat itu juga syarat dan tahapan seleksi PNS Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam diumumkan, calon peserta langsung melengkapi persyaratan tersebut dan lakukan pendaftaran pada jadwal yang telah ditentukan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

langkah seleksi pertama adalah kelulusan administrasi peserta PNS yang pengumumannya akan dirilis pada Desember 2019, sistem pendaftaran yang dilakukan sebelumnya adalah secara online oleh karena itu maka isi sesuai dengan data yang benar dan penuhi syarat yang telah ditentukan.

Apabila lulus administrasi selanjutnya ada jeda waktu untuk tes SKD, ini saatnya memperluas wawasan dan mematangkan persiapan untuk mengikuti tes di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam agar hasilnya menjadi maksimal.

Lulus SKD di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam bukan berarti sudah lolos sepenuhnya, melainkan ada tes SKB yang harus dilalui dan hanya peserta yang lulus SKD dan SKB yang nantinya dinyatakan lulusan CPNS 2019/2020 di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Kementerian Pan-RB memberi panduan jika akan ada 100 ribu lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di tahun 2019. Lebih tepatnya sekitar 100 ribu CPNS dan 75 ribu posisi untuk PPPK.

Dalam setiap bukaan tes CPNS tiap tahun yang paling dinanti adalah saat pendaftaran peserta tes ASN itu mulai dibuka baik secara online maupun offline namun dalam setiap tahapannya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon peserta agar bisa diterima dan resmi mendapatkan kartu tanda peserta tes PNS yang kali ini adalah persyaratan pendaftaran ASN tahun 2019/2020 di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Sebenarnya sejak beberapa periode penerimaan PNS yang lalu, cara pendaftaran bisa dilakukan secara online dan juga offline yang tentunya bagi calon peserta yang pernah mengikuti jalur pendaftaran sebelumnya pastinya sudah paham mengenai cara pendaftaran baik secara online maupun offline namun tidak bagi calon peserta yang baru akan ikut tes seleksi CPNS 2019/2020 khususnya di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam tahun ini sesuai dengan jadwal PNS 2019/2020.

Adapun yang dimaksud pendaftaran online adalah pengisian formulir pendaftaran yang didapatkan secara online dan juga dilakukan pengisiannya juga secara online pada situs resmi panselnas agar bisa mendapatkan kartu tanda registrasi online calon peserta tes ASN Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam tahun 2019/2020.

Semua tahapan online ini dilakukan secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya apapun kecuali untuk koneksi internet (itu menjadi tanggungan masing-masing calon peserta) namun agar semuanya lancar sebaiknya menyiapkan segala keperluan saat melakukan pendaftaran tes secara online untuk menjadi peserta tes ASN 2019/2020.

Beberapa persyaratan yang wajib disiapkan adalah kartu identitas bisa menggunakan KTP dengan penggunaan Nomor NIK pada KTP sebagai pendaftaran username pada situs online web sscn BKN (panitia seleksi nasional) tes ASN Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam tahun 2019/2020.

Hal lain yang berkaitan dengan persyaratan secara online tersebut adalah pas foto resmi guna di-unggah ke situs website panitia seleksi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam nantinya bila tahapan yang dilalui sudah sesuai dengan prosedur yang ada, juga nomor Ijazah termasuk nilai IPK terakhir yang juga diperlukan untuk mengisi kolom dalam formulir pendaftaran ASN 2019/2020 secara online.

Pada akhirnya saat tahap demi tahap registrasi online tes ASN tahun 2019/2020 berhasil dijalankan maka akan berakhir dengan print out kartu tanda melakukan registrasi pendaftaran online tes seleksi ASN tahun 2019/2020 setelah mendaftar di web SSCN BKN atau website lainnya yang ditunjuk oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Jika telah mendapatkan kartu tanda registrasi tadi selanjutnya adalah melengkapi persyaratan lainnya yang dibutuhkan dalam pengajuan lamaran ikut tes PNS 2019/2020 yang akan dikirim via post menuju kantor BKD atau BKPP Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Berbicara mengenai kelengkapan yang harus dilengkapi dalam pengajuan lamaran tes PNS tahun 2019/2020 memang tergantung pada kebijakan yang dibuat oleh masing-masing daerah penyelenggara termasuk Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam mengingat sistem otonomi daerah yang memang sudah berlaku hingga saat ini.

Namun secara umum yang lebih sering digunakan sebagai syarat dalam seleksi ASN tiap tahun adalah Fotocopy Ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, surat lamaran pekerjaan yang ditulis tangan (sesuai contoh per daerah masing-masing jika ada), surat keterangan sehat dari dokter, SKCK (kadang dibutuhkan oleh daerah tertentu) dan lain-lain.

Saat semuanya kelengkapan telah lengkap termasuk syarat dari pendaftaran yang dilakukan secara online sebelumnya maka tahap akhir adalah mengirim semua itu melalui kantor pos sambil menunggu balasannya beberapa hari kemudian sesuai dengan formasi tes ASN yang diikuti.

Dalam surat balasan yang akan dikirim ke calon peserta akan ada 2 kemungkinan yang akan terjadi, pertama adalah sukses mendapatkan kartu peserta tes seleksi CPNS 2019/2020 atau kemungkinan yang kedua adalah dikembalikannya berkas dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam yang diusulkan yang disebabkan oleh kurangnya syarat yang diajukan.

Informasi Penerimaan dan Jadwal Pendaftaran CPNS Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019


Pada kesempatan ini saya juga akan bagikan informasi seputar Penerimaan ASN tahun 2019 untuk Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam ini. Informasi ini saya tujukan bagi Anda semua yang merasa membutuhkan informasi terkait penerimaan ASN tahun 2019 ini. Kami berharap informasi yang disampaikan ini bisa bermanfaat.

Lowongan CPNS 2019 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam


Pembukaan Lowongan PNS oleh pemerintah memiliki tujuan untuk mengisi lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang umumnya juga dikenal sebaga Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa lembaga termasuk Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Terutama karena banyaknya tenaga PNS yang pensiun tahun 2019 ini. Selain itu, Lowongan PNS akan dibuka terutama bagi PEMDA yang belum membuka penerimaan CPNS-nya tahun lalu.

Tenaga ASN diperlukan supaya pelaksanaan kegiatan pemerintahan di berbagai instansi dapat berjalan lancar. Lowongan ASN 2019 akan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga CPNS oleh semua lembaga baik pusat maupun daerah termasuk Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Instansi yang akan membuka lowongan PNS 2019 di Instansinya adalah instansi yang mendapatkan kuota formasi CPNS 2019 dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Formasi ASN Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019


Penetapan Formasi ASN Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019 disesuaikan dengan kebutuhan tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam dan juga berbagai instansi terkaitnya baik pusat maupun daerah (PEMDA: PEMPROV, PEMKOT dan PEMKAB) dan kondisi Keuangan Negara atau Pemerintah Daerah.

Dalam proses penetapan formasi PNS, setiap Instansi pusat maupun daerah akan diminta untuk mengajukan kebutuhan formasi CPNS 2019 di instansinya masing-masing. Untuk instansi daerah, kuota formasi ASN akan diberikan kepada daerah yang alokasi belanja pegawainya dibawah 50%.

Pada tahun 2019 ini, BKN akan membuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 Kementerian/Lembaga dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

Ada 2 jenis formasi yang dibuka pada ASN tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Prioritas Jabatan untuk penerimaan PNS 2019 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam adalah untuk tenaga pendidikan, kesehatan dan teknis fungsional.

Syarat Pendaftaran PNS 2019 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam


Syarat Pendaftaran CPNS Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam 2019 berdasarkan Ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 11 Tahun 2017. Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengikuti pendaftaran PNS 2019 di Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam:

  • Usia Minimal 18 tahun dan Maksimal 35 tahun
  • Pendidikan minimal Sarjana S1 (Dikecualikan untuk formasi tertentu)
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.
  • Syarat tambahan lainnya menyusul / diumumkan kemudian sesuai ketentuan dari BKN dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam
Jadwal Pendaftaran PNS 2019 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam


Bagi anda yang bertanya Kapan pendaftaran PNS 2019 untuk Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam dibuka atau Bulan berapa penerimaan pendaftaran ASN 2019 dibuka. Tahapan penerimaan ASN 2019 dari awal pendaftaran hingga pengumuman Kelulusan akan berlangsung selama 7 (tujuh) bulan.

Pengumuman Penerimaan ASN 2019 rencananya akan dilakukan pada Minggu ke Empat Bulan Oktober 2019 atau di awal bulan November 2019.

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 telah ditandatangani dan diumumkan oleh Menteri PAN RB melalui pengumuman nomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah, pada Senin (28/10/2019).

  • Pendaftaran online PNS 2019 rencananya akan dimulai pada bulan November 2019 kurang lebih 15 hari setelah dikeluarkannya pengumuman penerimaan CPNS 2019. Update: Pendaftaran online rencananya tanggal 11 November 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi pada Bulan Desember 2019
  • Pengumuman Jadwal Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) nanti pada Bulan Januari 2020
  • Pelaksanaan Tes CPNS SKD rencananya pada Bulan Februari 2020
  • Pengumuman Hasil SKD dan pelaksanaan tes SKB rencananya Bulan Maret 2020.
  • Integrasi nilai SKD dan SKB rencananya pada Bulan April 2020
Web Resmi Pendaftaran CPNS 2019 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam


Web Resmi Pendaftaran CPNS 2019 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Pendaftaran CPNS dilaksanakan secara Online dan terintegrasi di 1 (satu) tempat.

Web resmi Pendaftaran ASN 2019 untuk semua Instansi Pusat dan daerah adalah : SSCASN - BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA

Secara Nasional, Informasi Resmi tentang penerimaan PNS 2019 akan dikeluarkan oleh KEMANPANRB dan BKN.

Informasi resmi penerimaan ASN untuk masing masing Instansi baik pusat maupun daerah termasuk Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam akan diumumkan melalui web resmi masing masing Instansi (Instansi pusat dan Daerah).

Pelaksanaan Tes CPNS 2019 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam


Tes atau ujian seleksi CPNS 2019 akan dilaksanakan dengan sistem CAT CPNS untuk Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB). Juga ada tes wawancara setelah SKD dan SKB selesai.

Tes CPNS dengan sistem CAT terbukti lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel dibanding ujian dengan metode lainnya saat ini.

Penerimaan CPNS adalah tidak dipungut biaya, Jangan percaya jika ada pihak yang mengaku bisa membuat anda lulus jadi ASN. Hal ini karena tes CPNS dilaksankan dengan sistem CAT dimana hasil tes lebih transparan sehingga kecil kemungkinan untuk dimanipulasi karena hasilnya diketahui secara realtime.
 

Top